Tuesday, December 9, 2014

Being 30s

Udah lama banget rasanya ga bikin tulisan panjang. Jenuh? Ga juga sih.
Hidup gue ga menarik? Enak aja.
Tapi  gini lho, beranjak menua, gue udah baca lebih banyak, ngeliat lebih banyak, mendengar lebih banyak dari waktu gue masih 20-an. Bukannya gue sok atau gimana, gue ngerasa kaya udah dikit bahan untuk diomongin. Tiap mau nulis ini dan itu, di kepala gue, "duh, udah banyak/sering/pernah yang ngebahas ini". Jadinya males. hehe

Mantan gue pernah bilang dia males ama cewek umur 30an karena cewek 30an itu sok tau. Hahaha. Dulu gue ketawa dia ngomong gitu, tapi sekarang, gue  sebagai cewek 30an cuma ngibasin rambut dan bilang "bukan sok tau, emang kita tau". wkwkwkwkw.

Belum lama gue ngerayain ulangtahun, ga kerasa udah hampir 7 tahun gue punya pseudo alter - Lushka. Ditanyain umur gue berapa. Gue cuma jawab banyak. Hahaha. Then I realized, bedanya jawaban atas umurnya berapa waktu gue belasan, duapuluhan dan tigapuluh'an.

Dulu waktu gue belasan, ditanya umur berapa, jawabnya lama, nyengir nyengir karena ga pengen dianggap anak kecil. Di umur duapuluh-aan, gue lantang dan bangga nyebut umur gue berapa - pedenya kaya Gaban. Di umur tigapuluh-an, gue nyengir-nyengir lagi dan ngejawab dengan "banyak" (ini sama si jawaban buat "beratnya berapa"). Mungkin nanti gue di 40-an baru bisa jawab dengan lantang dan pede lagi kaya Sailor Moon. 

Being 30s, mungkin gue ga kaya temen-temen single gue yang udah mapan banget secara finansial, punya rumah, investasi, tabungan, ya yang materi-materi gitu, tapi setidaknya gue udah debt free (dibantuin sama pacar tersayang), keluar dari rumah (agak telat si), punya kerjaan yang ga segitu uhwow banget tapi di isu sosial yang gue suka dan terutama punya pendamping yang punya tujuan besar bareng di masa tua kita. Ga perlu meraba-raba lagi mau apa. Mau gimana. Tinggal usaha keras buat bisa ngasih tanda "KELAR" di daftar keinginan. 

Gue cukup beruntung berumur 30 di jaman ini, tekanan sosial soal kapan nikah ga segitu menyeramkannya, keluarga gue cukup liberal membiarkan gue dengan pilihan gue nikah kalau gue udah siap. (Gue siap, tapi kayanya mereka yang ga siap karena gue mau nikah ama cewe hihi) . Yang gue bisa share buat queer 20-an, untuk memperkecil tekanan nikah bla-bla itu, bekali diri kalian sendiri, jadi mandiri. Jangan tergantung sama keluarga, buat mereka yang tergantung sama kalian. Dengan begitu, you'll get your own way. 

Do I feel old? Oddly to say, no. Dulu gue ngeliat orang-orang umur 30 itu tuaa banget dan suka takjub kalo kenal sama orang 30an tapi ga keliatan  "30".  Well, now that I am 30, gue ga ngerasa beda dari gue dulu. Masih kekanak-kanakan kadang-kadang. Nyinyir.  Naif. Ngambekan. Dan ternyata gue ga ngerasa umur 30 sebagai batasan untuk ngapa-ngapain. Jadi yang ngerasa takut being 30s, JANGAN TAKUT. Sama aja kok rasanya, bedanya, kita tahu lebih banyak dari tahun sebelumnya aja. hehe.

I feel content being 33.
That's how long I've been walking and breathing on earth, experiencing the life. 

1 comment:

  1. Nice ^^ bnr bgt Lush ...
    Justru 30 itu masa kejayaan wanita kalo mnrt gw, knp?
    krn secara materi lo bisa beli apapun yg lo mau pake uang lo sendiri, secara fisik lo nambah cantik dan sexy (beneran loh :p). Walopun kadang masi suka ngambekan, nangisan dan galau-an, tp itu kan gak ada hubungannya sama umur :D haha *maksa

    ReplyDelete